Kamis, 17 Juni 2010

Bahkan dalam dunia contek-mencontek antar pelajar, masih ada etika yang harus dipenuhi

i'd better start writing before life stops me.

11 tahun gue jadi siswa, gue bisa dibilang sudah cukup kebal sama yang namanya ujian akhir. various kind of it. UAS, UAN. yang gue belom cobain cuma UASBN aja. soalnya gue udah lulus SD dari taun kapan, dan gue ga berminat mengulang ujian SD. No, gue ga mau ada bukti fisik yang menunjukkan perkembangan otak gue dan otak anak SD cuma beda tipis, it could tell you they're slighty above me. Sebenernya, dari segi fisik, gue masih layak ikut ujian SD. Pertumbuhan badan gue, seperti halnya tingkah laku gue, sesuka-suka jidat. Cenderung tidak tergesa-gesa. Ini bisa dibilang faktor keturunan. nyokap gue juga kecil banget, terutama kakinya. Kayaknya, kaki nyokap gue berhenti tumbuh pas kelas 5 SD, soalnya ukuran sepatu nyokap gue 35, itu juga ukuran singapur. artinya, panjang kaki nyokap gue ga nyampe sejengkal gue. dan sejengkal gue aja cuma satu telunjuk orang dewasa. makanya, kadang2 kalo solat di mushola umum, sepatu nyokap gue sering dicobain anak2 kecil yang main diluar mushola, karena terlihat seperti miniatur sepatu orang dewasa. 

see? distracting me is even easier than taking candy from a diabet baby.

balik lagi soal ujian. iyep, sekitar 11 tahun, gue udah cukup makan asem garem berbagai spesies ujian tertulis. begitupun, dengan 1001 macem teknik menghadapi ujian. dari jaman teka-SD, gue belom terlalu akrab dengan berbagai cara 'serong' untuk menyelesaikan ujian. objective gue untuk setiap ujian, adalah menyelesaikannya secepat mungkin supaya gue bisa secepatnya kembali ke dunia khayalan gue. bermain dengan gembira ria.

jaman teka-SD, mental gue memang menyedihkan. gue cenderung ga peduli sama urusan sekolah. gue pernah ke sekolah lupa bawa tas. gue jarang tau jadwal pelajaran, gue bawa buku apa aja yang gue pengen bawa. gue pernah bawa katalog sophie martin, yang gue kira adalah buku bahasa inggris bergambar. Tapi, biarpun gue sembraul, kalo lagi diajarin apa aja gue tetep perhatiin, gue tergolong anak yang tidak ingin terasing dari pembicaraan orang2: whether gue ngerti ato ga, gue bakal tetap berperilaku layaknya orang-orang yang mengerti - dan gue tergolong murid yang sangat lihai dalam berpura-pura ngerti. saking jagonya gue pura2 ngerti gue bisa sampe ngga sadar kalo gue sebenrnya ga ngerti sama sekali.


dulu, gue selalu berpikir bahwa gue akan dipinang oleh pangeran dari negeri sempurna-bahagia-sejahtera-yang-jelas2-cuma-khayalan, dan hidup bahagia sebagai permaisuri. gue jaman kecil berpendapat, buat jadi permaisuri ga perlu juara kelas, ga perlu lulus ujian semester. malah dalam kartun ada kecenderungan, semakin goblok muka permaisuri, semakin terlihat cantik. dan semakin cintalah pangeran pada permaisuri bermata besar dengan mulut yang kalo lagi bengong bentuknya bundar sempurna. ya, bisa dibilang cita2 gue jaman kecil adalah jadi permaisuri. kerennya gue, gue dulu pengen jadi permaisuri yang bisa terbang. pikiran gue, gue ga bisa nyanyi sambil nari-nari kayak putri2 lain, jadi gue bakal bikin atraksi terbang aja. kalo putri2 lain nyanyi lagu2 cinta, gue,  terinspirasi dari pesawat yang bikin tulisan "The End" di setiap akhir kartun-nya cartoon network, bakal hover di udara, bikin asep yang ngebentuk gambar hati. Uh well, bisa dibilang, kurang lebih, waktu kecil gue kepengen jadi ratu lalat yang pantatnya berasap.

kadang2 gue berpikir untuk mencita-citakan profesi yang lebih realistis. profesi yang benar2 ada di dunia nyata. terus gue bercita2 jadi presiden, yang gue sadar sekarang ga lebih realistis daripada jadi permaisuri. gue pengen jadi presiden karna sering jalan2 pake pesawat sendiri. sampe sekarang, gue masih kepengen jalan2 pake pesawat sendiri. yep, gue memang selalu menggantungkan cita2 ke langit ke tujuh. cuma bidadari yang bisa nyampe.

well, memang tingkat kemampuan pertahanan gue terhadap distraksi sekuat konstruksi piramida dari kartu remi.

jaman TK-SD dulu, gue termasuk murid-murid yang berperilaku mulia, jarang liat kiri kanan setiap ujian. karna temen2 gue juga rata2 gitu, tingkahnya masih lumayan 'lurus'. masuk SMP, gue takjub dengan segala taktik temen2 gue setiap ujian. mulai dari betis berukir, sampe tisu bertulisan. pas SMA, gue justru menciptkan teknik2 ujian baru. Di UAS kemaren, sempet2nya gue dan beberapa temen gue bikin semacem sistem contek-mencontek berantai sistematis. dulu gue juga pernah sempet2nya menciptakan kode gerak khusus untuk opsi pilihan ganda. Instead of teriakin A,B,C,D, atau E, gue pake kode gerakan untuk ngasih tau jawaban gue ke orang yang nanya (or vice versa). seinget gue, dulu untuk A=pegang Jidat, B=pegang hidung , ya, pokoknya sebisa mungkin kode gerak ini adalah gerakan2 yang sangat natural untuk dilakukan, tidak mencurigakan.

well, sebenernya praktek-praktek model gini ga bener juga. Gue tetep punya batasan-batasan dalam menyeleweng, gue masih berpegang sama beberapa prinsip, norma dan etika 'serong-menyerong' dalam ujian.


berikut beberapa boundaries, tata cara, norma dan etika contek-mencontek yang baik dan benar menurut gue.

anyway, semua ini gue bikin tanpa ada maksud pointing satu kalangan ataupun orang-perorangan. Murni cuma penyaluran pikiran gue doang, ga ada maksud menjatuhkan atau meyalahkan siapa2.


1. Buat gue, persaingan antar sesama peserta ujian seharusnya se-fair mungkin. buat gue, ujian itu ibarat lomba lari: semua peserta harus mulai dari garis yang sama. itu berarti, semua peserta ujian berhak dapet kesempatan yang sama dalam hal apapun dalam ujian. pengawas harus ngasih waktu yang sama untuk setiap peserta ujian, termasuk peserta-peserta dengan kejadian khusus. misalnya lo telat dateng ujian gara2 suatu hal yang bisa ditolerir, harusnya  lo dikasih waktu lebih. kalo lo, misalnya, menemukan soal yang salah trus disuruh ngelapor soal yang bermasalah ke panitia ujian, waktu lo yang hilang selama perjalanan dan proses melaporkan bermasalah itu harusnya diganti. Dari sisi contek-menconteknya, kalo lo dapet bocoran soal ya semua juga harus dapet. Jadi semua peserta ujian, mulai dengan pengetahuan yang sama terhadap ujian, punya modal, yang secara teknis yang sama.

2. Gue, personally, ga menyarankan untuk  bikin kopelan, contekan, jimat - whatever the name is, you know what i mean. bukan apa2, menurut gue, benda2 model begitu adalah teknik kecurangan yan paling riskan karna punya bukti fisik yang bisa diperkarain. beberap orang, punya kecenderungan berekspersi tegang ketika lagi ngeliat kopelan, dan pengawas yang cermat akan mengenali ekspresi semacam itu. Kalo lo ketauan, si pengawas punya bukti buat perkarain lo ke tingkat lebih lanjut, bisa2 lo malah ga lulus. Di sisi lain, menurut gue, ujian itu seharusnya berfungsi sebagi media penguji seberapa banyak ilmu yang diserap siswa, bukan seberapa lengkap buku dan sumber informasi yang mereka miliki. dan buat gue, kalo gue ngeliat buku ato kopelan gitu, sensasi gambling dalem ujian ilang. padahal ujian adalah satu2nya media gambling halal yang gue tau. gue suka sensasi gambling dalem ujian, lo tau kan? sensasi yang muncul, tiap lo ngira2 pemikiran lo bener ato salah, cara lo menganalisis ato nebak2 jawaban bener ato engga, sensasi yang buat gue punya nilai kenikmatan tersendiri, terlebih kalo ternyata jawaban yang lo dapet dengan pemikiran2 yang ga normal, bener. buat gue, seni-nya ujian, ya disitu.

3. Gue lebih setuju sama praktek tanya kiri kanan. karna sensasi bener-ato-salah-nya itu tetep ada. keputusan 
buat ngikutin  jawaban yang dikasihn temen kiri-kanan lo, keputusan menilai suatu jawaban bener ato salah, tetep  based on elo, bukan buku lo. tetep ga ada jaminan, bahwa jawaban yang lo pilih, pasti bener. tetep ada sensasi harap-harap cemasnya. Tapi, sebagai orang yang nanya harusnya lo tau diri dikit. Orang yang lo tanya, seharusnya adalah orang yang paling lo jaga konsentrasinya dalem ujian, in order to get the most promising answer. Lebih baik lo nunggu dia yang ngeliat elo, baru elo nanya, daripada lo manggil2 dia dengan cara2 yang ngeganggu parah sampe dia ga bisa ngerjain soal gara2 elo. Lo mesti mikir, dia ngerjain ujian bukan cuma buat bantu elo doang, dia juga punya objective dan target sendiri dalem ujian. seenggaknya, lo biarin dia dapet berusaha dapet target itu, sebagai semacem ucapan terimakasih-telah-ngebantu-ujian gue.

well, it isn't a long list already...feel free to make it longer - because it's late already and i need to get to bed 

be a clever cheaters, students :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar